Selayang Pandang Kota Banjar, Mengenali Destinasi dan Potensi Banjar Patroman Jawa Barat

Silahkan simak Konten yang berjudul Selayang Pandang Kota Banjar, Mengenali Destinasi dan Potensi Banjar Patroman Jawa Barat.

Jika Tayangan ini tidak sesuai silahkan laporkan kepada kami melalui klik link lapor yang sudah kami siapkan



Kota Banjar adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota Banjar berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah, yakni dengan Kabupaten Cilacap. Banjar merupakan pintu gerbang utama jalur lintas selatan Jawa Barat. Untuk membedakannya dengan Banjarnegara yang berada di Jawa Tengah, kota ini sering disebut juga Banjar Patroman (dari nama asal “Banjar Pataruman”)

Secara administratif, kota ini terdiri atas 4 kecamatan yaitu Banjar, Purwaharja, Pataruman, dan Langensari, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Banjar pernah menjadi kota kecamatan bagian dari Kabupaten Ciamis, kemudian ditingkatkan statusnya menjadi kota administratif. Sejak tanggal 1 Desember 2002, Banjar ditetapkan sebagai kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Ciamis.

Kota Banjar memiliki landskap yang beragam. Bagian utara, selatan dan barat kota merupakan wilayah berbukit-bukit. Kota ini dibelah oleh Citanduy di bagian tengah. Terdapat pula sebagian kawasan pertanian, terutama di bagian pinggiran kota.

Zona pertanian di Kota Banjar terdiri dari persawahan, perkebunan jati yang dikelola oleh Perhutani dan hutan hujan tropis biasa.

Pada tahun 2006, pembangunan balai kota baru dan markas Kepolisian Resort baru di Kecamatan Purwaharja mengharuskan pemotongan sejumlah bukit dan penggundulan hutan jati.

Pariwisata Kota Banjar sekarang bertambah dengan dibangunnya Waterpark dan Bendung Situ Leutik. Keberadaan dua objek wisata tersebut semakin menambah objek andalan pariwisata Kota Banjar. Waterpark yang berada di Parunglesang dilalui oleh lalu lintas Jalur Selatan Jawa. Baik itu Roda empat maupun Kereta Api.

Potensi Pariwisata Kota Banjar Patroman

Wisata Air
1. Objek Wisata Situ Mustika (Danau)
2. Objek Wisata Waterpark.
3. Objek Wisata Situ Leutik.

Wisata Situs/Sejarah
1. Rawa Onom / Pulomajeti (Situs)
2. Kokoplak (Situs)
3. Terowongan Binangun
4. Lembah Pajamben Binangun

Wisata Kuliner
1. Jajanan Khas Sunda
2. Jajanan Seafood
3. Jajanan Oriental/Chinese food

Sebagai penunjang sarana wisata terdapat juga jasa akomodasi berupa :

9 buah berupa hotel dan penginapan dengan kapasitas kamar 159 buah dan tempat tidur sebanyak 305 buah, 1 buah Rest Area, Stasiun kereta api kelas 1, Terminal bus berdekatan dengan Objek Wisata Waterpark. .

Video ini tayang di Youtube

Saya berharap Konten dengan bertajuk Selayang Pandang Kota Banjar, Mengenali Destinasi dan Potensi Banjar Patroman Jawa Barat ini menghasilkan kebaikan bagi semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *